Monday, April 8, 2013

Kenapa Game di OPL sering Hang, Why.....?

Kehadiran OPL Open PS2 Loader, kayaknya sebentar lagi akan menggusur HDLoader. Saat ini pun sudah banyak pemilik PS2 rental yang berpindah dari HDLoader ke OPL. Bahkan hampir semua PS2 yang memakai USB (tidak pakai network) menggunakan OPL.

OPL dapat digunakan pada HDD internal, menggantikan HDLoader. Format game sama antara OPL dengan HDLoader. Pada HDD internal (pakai network adapter, alasan utama harus berpindah ke OPL adalah:
  • Adanya game yang hang di HDLoader tetapi dapat jalan dengan mulus di OPL. Contohnya Captain Tsubasa. Dan hampir semua game yang jalan di HDLoader dapat dijalankan lewat OPL.
  • OPL masih terus giat dikembangkan, berbeda dengan HDLoader yang sudah pada posisi tak ada lagi yang harus dikembangkan.
  • Adanya versi OPL child proof, yang cocok buat pemilik rental.
  • Customisasi tampilan lebih menarik, ada cover art, cover icon, background yang dapat berubah-ubah.


Meski demikian, juga ada beberapa kekurangan OPL dibanding HDLoader (PS2 HDD internal):
  • Tombol child proof yang setengah hati, tombol 'start' dan 'segitiga' masih berfungsi.
  • Saat reset, bila pada slot 1 mmc terpasang mmc maka OPL akan langsung masuk menu setting, karena OPL membaca konfigurasi OPL ke mmc1.


Mengingat OPL masih giat dikembangkan, mudah-mudahan kekurangan di atas sudah tidak ada pada versi-versi yang akan datang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya game jalan di OPL :
Pertama. Gunakan mode kompatibilitas.
Sebagai contoh : game rumble racing mode 7, dinasty warrior 6 mode 5.
Kedua. Perhatikan id game.
Maksud id game yaitu SLUS, SLES, dll. Saat install game lewat winhip bisa terjadi id game tidak sesuai. Misal 'mortal combat shaolin monk' id game seharusnya SLUS_210.87, tetapi bila kita install dari file iso maka id game yang muncul saat install pakai winhip adalah SLUS.211.89; Maka id game ini kita edit, dirubah ke yang benar yaitu SLUS_210.87.
Ketiga. Install dari game yang belum diedit (asli)
Game yang diedit (dihilangkan atau dikompress videonya) kadang tidak jalan di OPL. Misal 'smackdown here comes pain' yang diedit (video dikompress) tidak berhasil jalan di OPL.
Keempat. Coba rebuild kembali file ISO.
Sebagai contoh, file iso 'Teken Tag Tournament' langsung diinstal pakai winhip tidak jalan. Lalu saya coba extrax file isonya, lalu dengan CDVD Generator saya buat file iml, lalu dengan UltraIso saya compile menjadi ISO lagi. Dan hasilnya setelah diinstall pakai winhip dapat jalan dengan baik di OPL.

Begitulah yang saya tahu, mungkin ada yang mau nambah silahkan.
semoga bermanfaat. Selamat ber-OPL-ria.

0 comments:

Post a Comment