Monday, April 8, 2013

Tips Mengikat Pelanggan Rental PS2

Bisnis rental game PS2 sekarang ini bisa jadi sudah berada dimasa puncaknya, atau bahkan dibeberapa tempat keberadaan Rental Game semakin sepi dari pelangggan hingga sebagian diantaranya beralih ke PS3 dan X-Box, atau bisa jadi yang dulunya Rental Game kini beralih fungsi menjadi Warnet atau Warkop Hospot.


Alasan sepinya Rental Game PS2 bukan karena kurang orang lagi yang mau main game semata, tapi karena persaingan Rental Game PS2 sendiri semakin hari semakin bertambah banyak, ditambah dengan relis game PS2 terbaru yang bisa dikatakan sudah tidak ada lagi, plus pengaruh Facebook dan game online yang semakin marak membuat sebagian dari pelanggan pindah aktifitas bermainnya ke warnet atau hospot.


Pada tips terdahulu sudah diuraikan beberapa tips-tips bagi teman-teman yang ingin atau sudah buka rental game, dan jika rental game yang dikelola semakin hari semakin sepi dari pelanggan, karena orang" sudah bosan memainkan game yang itu-itu saja karena rilis game PS2 terbaru semakin sedikit atau bahkan rilis game PS2 yang bagus bisa dikatakan sudah tidak ada lagi, karena para pengembang game pada beralih ke PS3 yang menawarkan kecepatan proses data atau spec yang lebih tinggi dari mesin PS2, yang memungkinkan melahirkan sebuah game yang semakin bekualitas dari segi Graphic, Movie, sound dan ide alur cerita dari gamenya sendiri. Dan untuk mengantisipasi persoalan sepinya pelanggan seperti diuraikan diatas, maka salah satu cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan mencoba mengedit sendiri game" dengan cara seperti sebagian yang sudah dijelaskan diblog ini ataupun mencoba searching tutorial edit game diforum-forum tetanggga.


Dan dalam mengedit sebuah game sebaiknya mengikuti minat dari pelanggan yang biasa main ditempat kita, umpamanya seperti Guitar Hero 2 dimana untuk lagu"nya dimasukkan lagu" yang paling disukai oleh para pelanggan, atau contoh edit game lain seperti GTA yang pernah saya coba lakukan dengan membawa suasana The Warriors (game jenis pertarungan antara gang) ke lingkungan GTA, dan terbukti bisa mengembalikan minat anak" main game GTA dan THE Warriorsnya lagi. Atau selalu mengupdate database pemain dari Game Bola, dan sebaiknya untuk gambar wallnya diganti-ganti juga beserta sound lagu"nya, agar memberikan suasana baru bagi para pelanggan penggemar game bola, serta mencoba mengedit-edit beberapa game lagi agar bisa memberikan suasana baru atau minat bermain game lagi bagi para pelanggan. Dan satu kelebihan jika game tersebut merupakan hasil dari editan sendiri adalah tidak ada samanya ditempat rental game yang lain, dan hal ini akan membuat para pelanggan tidak akan pindah bermain gamenya dirental lain.


Selain faktor kejenuhan para pelanggan bermain game, maka faktor yang bisa membuat rental sepi bisa juga karena persaingan antar rental, dan tips untuk mengikat pelanggan yang paling cepat adalah :


Ambil Tali.... dan ikat kaki pelanggannya
Dijamin pelanggan tidak pergi kemana-mana.....
gelakguling Sory.... cuma bercanda....


Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengikat pelanggan diantaranya dengan selalu memperbaiki kondisi stik/controller gamenya, karena sala satu faktor yang kadang membuat orang malas main game adalah jika stik/controller game yang digunakan tidak berfungsi baik. Dan jika punya modal gede (bisa sumber dari hasil rental sebelumnya) digunakan TV 21" keatas dengan layar datar (LCD lebih bagus) agar gambar tampilan dari PS2nya keliatan lebih natural, sepintas mirip game PS3 kaliq sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi. Dan tiap TV dilengkapi sound tambahan sendiri". Dan sebaiknya jika menggunakan timer waktu dari TV, maka pilih TV yang mempunyai timer kontrol kelipatan 1, agar lebih mudah mengatur waktu permainan para pelanggan.


Dan cara lain untuk mengikat pelanggan dengan menerbitkan semacam voucer bermain dirental yang kita kelola. Dan tentunya Voucer bermain ini bisa digunakan bermain game oleh para pelanggan dirental kita.


Umpamanya Voucer yang kita terbitkan atau dijual adalah Voucer Rp. 5000, Rp. 10000, Rp. 15000 dan seterusnya.


Jadi umpamanya jika tarif bermain rental kita adalah Rp. 2000 per jam, maka voucer 5000 bisa digunakan orang bermain ditempat kita selama 2 jam 30 menit, sementara yang voucer 10000 bisa digunakan bermain game selama 5 jam, dan voucer Rp. 15000 bisa digunakan bermain selama 7 jam 30 menit.


Dengan membelinya voucer bermain ditempat kita, maka artinya pelanggan tidak akan pergi kemana-mana lagi, dan hanya bisa bermain ditempat kita, karena kuncinya sama voucer bermainnya hanya bisa digunakan dirental yang kita kelola, selain dari itu dengan membelinya voucer bermain ditempat kita artinya secara tidak langsung sudah mengikat pelanggannya sebelum mereka bermain game, dan implementasi dari system ini sebenarnya banyak juga dilakukan oleh warnet-warnet dengan memberikan system paket kepada para pelanggannya, walupun nama dan cara kerjanya beda, tapi tujuannya sama, yaitu mengikat para pelanggan agar hanya bermain ditempat kita.


Untuk mensiasati agar orang tertarik membeli voucer yang kita terbitkan, maka tentunya voucernya dibuat sedemikian rupa bagaimana caranya agar orang minat untuk membelinya, diantaranya


  • Voucer yang diterbitkan memiliki keuntungan lebih dibandingkan jika para pelanggan bermain tanpa voucer, dan keuntungan menggunakan voucer bermain yang bisa ditawarkan diantaranya adalah memberikan gratis bermain beberapa menit untuk voucer-voucer tertentu, umpamanya voucer Rp. 15000 bisa digunakan bermain selama 7 jam 30 menit ditambah bonus 30 menit bermain. Jadi voucer 15000 bisa digunakan bermain selam 8 jam.
  • Dengan mengunakan voucer bermain, maka pelanggan bisa menyimpan sisa waktunya kapan saja dia mau, dan waktu yang disimpannya bisa lagi dimainkan dikemudian hari, selama pelanggan tersebut memperlihatkan voucer bermainnya yang masih berlaku.
  • Gunakan gambar-gambar Voucer yang disukai oleh para pelanggan kita, seperti gambar-gambar Game favorit mereka masing-masing. Jadi disini untuk mengetahuinya bisa kita lakukan dengan melakukan survei kecil-kecilan secara tidak langsung menanyakan kegemaran atau melihat game yang sering dimainkan oleh para pelanggan.
  • Serta beberapa kemudahan-kemudahan lainnya yang bisa ditawarkan jika menggunakan voucer bermain ini yang kita sesuaikan dengan keadaan pelanggan serta lingkungan dimana rental kita berada.


Voucernya bisa kita buat sendiri dengan tentunya menggunakan komputer yang dilengkapi dengan Printer, sementara bahan voucernya sendiri bisa dipilih dari bahan kertas Photo yang banyak dijual ditoko-toko buku (kalau dimakasar ada kertas photo seharga 12 ribu isi 20 lembar ukuran A4 ).


Seperti yang pernah dulu saya buatkan sama sala seorang teman dimakasar untuk 1 lembar kertas photo, bisa jadi 11 lembar voucer, dimana untuk satu lembarnya berukuran sekitar 5.5 x 8.5 cm.


Untuk contoh voucer dengan klipatan waktu bermain 1 jam, pada bagian depan seperti dibawah ini.



Seperti pada contoh gambar diatas pada bagian depan tercantum harga voucer beserta lama waktu bermainnya.

Sementara pada bagian belakan bisa disimpan alamat lengkap rental yang kita punya beserta peraturan-peraturan serta kelebihan" jika menggunakan voucer bermain yang disesuaikan dengan keadaan rental masing-masing.

Umpamanya untuk contoh gambar belakannya seperti dibawah ini.


Dan agar voucernya keliatan lebih mantap dan awet tentunya, maka pada bagian depan diberi stiker pelindung dari plastik bening seperti cara membuat stiker memory card yang sudah dibahas pada postingan terdahulu.

Dan cara menggunakan voucernya

Saat voucer sudah dibeli, maka pada halaman blakan (contoh gambar diatas) oleh yang punya rental menuliskan nama yang punya/membeli voucer.

Saat pelanggan sudah membeli voucernya, dan saat mau bermain menyetor voucernya pada yang jaga rental, dan pada contoh gambar diatas untuk halaman depannya pada kolom kotak (1 jam) tinggal diberitanda atau dilubangi (pake pelubang kertas) oleh yang punya rental sesuai dengan lama bermain yang punya voucer, dan jika diberlakukan dimana pelanggan bisa menyimpan sisa waktu bermainnya kapan saja dia mau, maka pada kolom kotaknya (1 jam) oleh petugas rentalnya

Read more: Tips Mengikat Pelanggan Rental Game http://satriogame.blogspot.com/2010/07/tips-mengikat-pelanggan-rental-game.html#ixzz2PwbPx0Zc

1 comment:

  1. Mas mau tanya,, pernyataan mas yg ini "dan jika diberlakukan dimana pelanggan bisa menyimpan sisa waktu bermainnya kapan saja dia mau, maka pada kolom kotaknya (1 jam) oleh petugas rentalnya".

    yg saya mau tanyakan, ilustrasinya gini, (contoh voucher 15rb) ketika pemegang voucher datang dan menyetorkan voucernya pada orng yg jaga PS, misalkan pertama dia mau main 3 jam trus sipenjaga sudah melobangi 3 kali di tiap kolom 1jam, tiba2 baru main 2.30 menit dia mau berhenti dengan alasan apalah, sisa 30 menitnya gimana mas, padahal si petugas sudah melobangi 3 kolom pada tiap satu jamnya?

    terima kasih

    ReplyDelete